Senin, 01 Juli 2013

Beda Antara Batik Stempel dan Batik Tulis

Baju batik

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Selain itu karena merupakan negeri kepulauan yang luas maka Indonesia juga memiliki keanekaragaman suku bangsa dan budaya. Salah satu unsur warisan budaya yang begitu populer dari Indonesia adalah Batik. Batik adalah suatu seni mewarnai kain dengan menggunakan wax yang diwarnai. Pada jaman dahulu membatik adalah tugas yang begitu dihormati sebab baju batik hanya diperuntukkan untuk kalangan keluarga kerajaan. Rakyat jelata dilarang untuk memakai batik dan akan dihukum jika ketahuan menggunakannya. Namun pada perkembangannya rakyat biasapun boleh menggunakan baju batik namun tidak boleh memakai motif khusus yang ditujukan untuk keluarga kerajaan.

 Proses pembuatan baju batik sendiri pada waktu dahulu hanya dilakukan secara manual dan sederhana sekali yaitu dengan melukis/menulis langsung pada media kain, sehingga lebih dikenal dengan nama Batik Tulis. Proses pembuatan baju batik type ini memakan waktu yang cukup lama, yaitu bisa mencapai 2-3 bulan cuma untuk mengerjakan 1 kain berukuran 2 x 3 meter sebab pembatik mesti menyelesaikan pekerjaannya secara manual seperti layaknya orang yang melukis. Nilai batik ini sangat tinggi karena dianggap memiliki kualitas yang baik dalam hal pembuatannya.


 Sejalan dengan perkembangan jaman, sekarang proses membuat baju batik sudah mengalami proses modernisasi yaitu dengan menggunakan bantuan alat berupa stempel, biasanya terbuat dari bahan perunggu, sehingga batik type ini lebih populer dengan nama Batik Stempel. Proses pembuatan batik ini termasuk mudah dan bisa berlangsung dengan cepat dalam hitungan hari saja sebab pembatik tidak membutuhkan keahlian khusus tapi cukup hanya dengan menempelkan cap pada media kain yang ingin dibatik, namun harga jualnya tergolong murah dan lebih banyak dikhususkan untuk membuat baju batik kelas menengah ke bawah. Saat ini batik tidak hanya dibuat untuk membuat baju batik atau pakaian batik saja namun sudah banyak digunakan untuk membuat produk-produk lain layaknya tas batik, kaos batik, mukena batik, sepatu batik, kebaya, sprei, bed cover, souvenir dan banyak produk lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. TUKANGMBAWON - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz